Membangun Pola Pikir Pengusaha Sukses

Membangun Pola Pikir Pengusaha Sukses – Pada dasarnya jiwa seorang pengusaha atau pebisnis berbeda dengan pekerja atau karyawan biasa. Mengapa demikian? Sudah jelas jika seorang wirausaha akan selalu mencoba berpikir inovatif agar mendapatkan perubahan. Lain halnya dengan pekerja yang sistem bekerjanya biasa saja tidak menginginkan hal yang baru. Meskipun begitu, tidak perlu membandingkan secara spesifik, lantaran jalan pikiran seseorang berbeda.

Di samping itu, yang menjadi ciri khas seorang pebisnis adalah ide atau daya kreatifitasnya sangat tinggi. Dimana mereka akan senantiasa menciptakan, mempertahankan, dan mengembangkan sebuah bisnis yang dijalankan. Hebatnya lagi pebisnis mampu membaca peluang usaha ke depan dan risiko yang akan menimpanya. Untuk itu, anda perlu membangun pola pikir pengusaha sukses seperti di bawah ini.

Membangun Pola Pikir Pengusaha Sukses

1.Berpikir Tantangan Sebuah Peluang

Pasang surut dalam dunia bisnis adalah hal biasa. Banyak sekali hambatan dan rintangan yang dilalui saat menjalankan sebuah bisnis baru. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi seorang pengusaha. Mereka akan selalu berpikir positif bila sedang mengalami kemunduran dalam bisnis yang dijalaninya. Karena itu, menjadikan tantangan yang dihadapi agar dapat mendorong kemajuan bisnis adalah sebuah peluang menjanjikan. Dimana ada tantanga di situlah terdapat kunci kesuksesan.

2. Kesalahan Hal Wajar dan Manusiawi

Sebagai manusia yang dilahirkan jauh dari kesempurnaan, maka berbuat kesalahan merupakan hal wajar. Sama halnya dalam dunai bisnis, anda tidak diperkenankan untuk takut salah melangkah. Ada kalanya anda menjadikan suatu langkah ke depan adalah sebuah vitamin dan pelajaran baru. Tidak sedikit pengusaha sukses yang berawal dari kegagalan. Terbukti dari seorang ilmuwan yang bernama Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu pijar yang gagal seribu kali dan ia tetap bangkit.

3. Bisnis Sebuah Gaya Hidup

Melakukan usaha atau bisnis adalah sebuah gaya hidup yang memang merupakan passion atau hobi. Dengan begitu, anda harus menjalankannya secara terus menerus meskipun banyak kegagalan. Cara ini dipastikan mampu menumbuhkan semangat berwirausaha tanpa adanya kenal lelah dan menyerah. Ingatlah, bahwa bisnis bukan hanya sebagai ajang untuk menumbuhkan financial penopang ekonomi. Namun, nikmati dan rasakan dengan menjadikan bisnis adalah kebiasaan sehari-hari.

  1. Hilangkan Rasa Sempurna Saat Berbisnis

Sempurna bukan hal yang baik dalam berpikir, lantaran hanya akan menghabisi bisnis anda secara perlahan. Jika anda merasa sempurna dalam segala hal, maka dapat mematahkan semangat untuk mencapai tujuan akhirnya. Pastikan anda selalu membuat daftar tujuan dalam sebuah target bisnis yang baru. Dengan demikian,  anda selalu merasa belum puas dan terus menerus untuk menemukan sesuatu yang baru dalam berbisnis.

  1. Jadikan Pesaing untuk Sumber Pelajaran

Pesaing adalah teman baik kita dan bukan musuh dalam bisnis. Pasalnya dengan adanya pesaing anda sendiri akan mendapatkan pelajaran yang baru. Jangan sampai membuang waktu untuk memikirkan pesaing sebagai ancaman. Setidaknya anda bisa mempelajari model bisnis dari pesaing dan pikirkan untuk membuat hal beda yang lebih bagus untuk bisnis anda. Adapun pelajaran yang dapat anda ambil dari pesaing seperti target pemasaran maupun branding.

 

Add your comment