Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil – Usaha Sampingan adalah sebuah bisnis yang masuk ke dalam kategori skala kecil. Namun jangan salah dari mulai yang terkecil ini, justru membawa kesuksesan besar bila dijalankan dengan keseriusan. Apalagi jika anda tipe orang yang pandai membaca peluang pasar. Dimana nantinya anda akan mendapatkan ide bisnis yang cukup kreatif dan terbilang sangat inovatif.

Umumnya usaha yang dirintis dari kecil-kecilan seringkali dilakukan oleh para karyawan. Pasalnya mereka cenderung tidak puas akan pendapatan atau gaji setiap bulannya. Karena itulah, dengan berbisnis bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari. Ada baiknya usaha yang didirikan harus ada rencana dan tujuan yang jelas. Jenis usaha sampingan yang dirasa memiliki modal kecil di antaranya.

Jenis Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

  1. Membuka Toko Online

Merintis sebuag toko tidak hanya dilakukan secara offline, melainkan bisa mendirikannya dengan cara online. Pasalnya membuka toko online tidak memerlukan modal besar. Bahkan anda bisa membuatnya gratisan, seperti media sosial facebook dengan cara menjadikan sebagai fanpage. Di situlah anda bisa menjual barang-barang yang sedang trendy. Anda juga dapat bekerja sama dengan tokopedia atau bukalapak.

  1. Usaha Cuci Motor

Mendirikan usaha berupa cuci motor termasuk ide yang cemerlang. Hal ini dikarenakan permintaan masyarakat selalu naik akan kendaraan motor dan mereka enggan untuk merawat atau mencuci motornya. Untuk peralatan yang digunakan juga cukup sederhana, misalnya pompa air, kompresor, serta perlengkapan mencuci. Biasanya modal awal yang diberikan untuk usaha ini berkisar antara Rp. 2 Jutaan hingga Rp. 5 Juta Rupiah.

  1. Bisnis Laundry

Saat ini banyak orang yang memilih praktis dengan menggunakan jasa laundry. Jadi, anda juga perlu melakukan usaha sampingan dengan mendirikan usaha laundry. Namun, anda perlu memikirkan lokasi yang tepat untuk membuka usaha ini. Misalnya didirikan di daerah yang dekat dengan kampus atau tempat kerja. Adapun modal untuk memulai bisnis laundry berkisar Rp. 7 Jutaan. Selain itu, anda harus memperhatikan pangsa pasar agar laudry anda laris manis dan menguntungkan.

  1. Jasa Penerjemah

Jika anda memiliki keahlian lebih mengenai bahasa asing, ada baiknya untuk menjadi seorang penerjemah bahasa. Untuk permulaan, anda bisa memulai menerjemahkan dokumen misalnya artikel, skripsi, makanan dan lain-lain. Umumnya jasa penerjemah membutuhkan orang yang ahli dalam bahasa Inggris, lantaran bahasa tersebut merupakan bahasa internasional. Sudah pasti usaha sampingan ini sangat untung.

  1. Menjadi Desain Grafis

Sebagai karyawan yang memiliki kemampuan dalam bidang grafis, maka tidak ada salahnya berkecimpung di dunia bisnis desain grafis. Pekerjaan ini bisa dilakukan di sela-sela istirahat atau waktu luang. Anda dapat mencoba menawarkan jasa desain kepada teman-teman atau kenala melalui marketplace. Terkadang jasa desain yang sering dibutuhkan seperti baju, kartu nama, logo dan lain sebagainya. Di samping itu, anda memerlukan daya kreativitas tinggi untuk mendesain setiap pemesanan grafis.

Mungkin hanya itu jenis usaha sampingan yang bermodal kecil, dimana sangat cocok untuk dijalankan oleh seorang karyawan maupun mahasiswa.

Add your comment